Trik & Tips Microsoft Word (MS Word)

1. Blok 1 Paragraf
Trik : Klik 3 kali pada kata suatu paragraf yang mau diblok.
Tips : Cara ini berlaku juga pada artikel yang dibuka melalui aplikasi peramban (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer).




2. Blok satu Kata
Trik : Klik 2 kali pada kata yang mau diblok.
Tips : Cara ini bisa dilakukan juga pada artikel berita atau bacaan yang dibuka melalui aplikasi peramban.



3. Blok satu Kalimat
Trik : Tekan dan tahan tombol Ctrl dan pilih salah satu kata di kalimat yang diinginkan.
Tips: Kalimat yang bisa menggunakan trik ini jika tanda baca pada akhir kalimat seperti titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!) dilanjutkan spasi kemudian kalimat baru. Jadi jangan lupa sertakan spasi apabila melanjutkan kalimat baru.




4. Menambah atau Mengurangi Ukuran Tulisan
Trik : Letakan kursor pada kata yang akan diubah ukurannya lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Shift > untuk membuat ukuran tulisan bertambah. Letakan kursor pada kata yang akan diubah ukurannya lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Shift < untuk membuat ukuran tulisan berkurang.
Tips : Blok terlebih dahulu lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Shift > atau tekan dan tahan tombol Ctrl Shift < apabila ingin mengubah ukuran 1 karakter, kalimat-kalimat atau paragraf.




5. Menuju akhir pengeditan
Trik : Tekan dan tahan tombol Shift F5 untuk membuat kursor ke bagian terakhir edit saat membuka kembali dokumen di Microsoft Word.
Tips : Jika saat edit dokumen dan tidak sengaja keluar dari Microsoft Word, maka fungsi tombol Shift F5 membuat kursor menuju ke bagian terakhir pekerjaan yang telah disimpan sebelumnya.




6. Mengubah Teks Normal saat copas artikel berita atau bacaan di web
Trik : Blok artikel atau tulisan yang telah dicopas dari artikel berita atau bacaan di web lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Space Bar
Tips : Saat copy bisa menggunakan cara lain yaitu tekan dan tahan tombol Ctrl Alt V lalu pilih Unformatted Text pada kotak dialog Paste Special.




7. Ubah huruf kecil atau besar
Trik :  Letakan kursor pada kata yang akan diubah lalu tekan dan tahan tombol Shift F3
Tips : Blok terlebih dahulu lalu tekan dan tahan tombol Shift F3 apabila ingin mengubah huruf 1 karakter, kalimat-kalimat atau paragraf. Tekan berulang kali Shift F3 untuk membuat huruf kecil semua, huruf besar semua, atau huruf besar di awal kata.




8. Menambah halaman baru
Trik : Taruh kursor pada akhir halaman lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Enter untuk menambah halaman baru
Tips : Taruh kursor pada kata tertentu lalu tekan dan tahan Ctrl Enter maka akan membuat kata serta kata atau kalimat berikutnya akan berpindah ke halaman berikutnya.




9. Mencopy format tulisan tanpa teks
Trik : Blok teks yang akan dicopy format lalu tekan dan tahan Ctrl Shift C kemudian blok tulisan yang ingin diubah sesuai format copy tulisan lalu tekan dan tahan Ctrl Shift V
Tips : Cara ini tidak bisa mengcopy huruf besar atau kecil.

 


10. Pangkat atas dan bawah
Trik : Tekan dan tahan tombol Ctrl Shift = untuk pangkat atas Ctrl = untuk pangkat bawah
Tips : Blok karakter yang akan diubah formatnya lalu tekan dan tahan tombol Ctrl Shift = untuk pangkat atas Ctrl = untuk pangkat bawah. Trik ini biasanya digunakan pada formula matematika atau kimia.




11. Menaruh kursor sesuai letak pointer mouse
Trik : Klik 2 kali untuk menaruh kursor pada tempat yang kosong sesuai letak pointer mouse berada
Tips : Cara ini berlaku bila tempat kursor akan diletakkan belum pernah ada tulisan atau kosong tanpa pernah ada enter atau spasi.





11. Kalkulator Word
Trik : Klik Word Option > Quick Access Toolbar / Customize > Ganti Popular Commands menjadil All Commands > Calculate > Add > OK


Sumber : Kalau Kamu Sudah Tahu Trik-trik Microsoft Word Ini, Tugas dan Pekerjaanmu Bisa Cepat Selesai!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pokemon Omega Ruby & Alpha Sapphire

Kata Kata Bijak